Indo-CG

Tutorial Unreal Engine 4 Pemula Bagian I - New Level




  Tutorial Unreal Engine 4 Pemula merupakan lanjutan dari Tutorial Unreal Engine Basic.Tutorial Unreal Engine 4 Pemula ini lebih fokus pada praktek menggunakan Unreal Engine 4.

  Tutorial pertama ini akan membahas cara membuat Level Baru(Blank Level),membuat Ground Plane,dan cara menggunakan Charakter Reference Scale.

Membuat Blank Level Baru

Pertama kita buat project baru Third Person dengan blueprint,kemudian  pada jendela Editor buat level kosong baru dengan cara pilih File > New Level > Empety Level :




Sekarang kita akan memulai dengan blank level yang bisa kita isi dengan berbagai actor.


Membuat Ground Plane


Ground plane/lantai dibutuhkan untuk kedudukan bagi karakter / player dimana player bisa berdiri,berjalan,berlari,dll.

Ada dua cara untuk membuatnya :

• Menggunakan BSP Brush

• Menggunakan Static Mesh


Untuk membuat ground plane menggunakan BSP brush caranya dengan pergi ke Modes, kemudian pilih place (Shift + 1),lalu pilih Geometry,setelah itu pilih kotak dan seret (drag) ke viewport.


  Kemudian dengan posisi brush masih terseleksi pergi ke panel details  di sebelah kanan,dan ubah ukuran BSP brush dengan parameter seperti ini :

• X : 1000

• Y : 1000

• Z : 50

Dan sekarang BSP brush yang tadinya kotak sudah menjadi plane.


Sekarang kita akan menambahkan objek diatas ground plane,caranya ulangi lagi cara pertama,drag box ke viewport dan letakkan diatas ground plane.

  

   Kita juga bisa menambahkan objek lain,kita coba tambahkan  static mesh “ cube “ .Caranya,Pada Modes > placebasic kemudian pilih cube dan drag ke viewport.




Character Reference Scale

   Saat membuat environement dalam sebuah level baru,kita harus memastikan ukurannya proporsional.

  Untuk mendapatkan ukuran objek yang sesuai dalam level kita bisa menggunakan karakter sebagai referensi.


 Referensi  karakter yang digunakan tentu harus sama dengan ukuran player mode yang akan digunakan  dalam game.Kita akan menggunakan Dimensi basic dari Unreal Engine.


Dimensi standar karakter Unreal Engine :

Tinggi : 180 cm / uu

Lebar/ketebalan : 60 cm / uu

  Kita bisa menggunakan manequen mobile sebagai referensi ukuran manusia,temukan direktori manequen pada Conternt Browser .

Klik manequen dan drag ke viewport,



Selain itu kita bisa juga menggunakan objekdari BSP brush sebagai referensi,dengan mengubah parameternya sesuai ukuran standar manusia di Unreal Engine.

Insert Player Start

  Jika kamu sudah membaca Tutorial Dasar Unreal Engine sebelumnya,maka bagian ini tidak akan terlalu sulit.

Player start merupakan titik yang ditentukan sebagai titik spawn player dalam level.

  Setiap level sebaiknya memiliki setidaknya satu Player Start,untuk membuatnya kita bisa buka Modes panel > Basic > Player Start

Kemudian cukup drag & drop Player Start ke viewport.


Saat kita mencoba Play dengan menggunakan opsi Play  Editor maka Player akan ter-spawn di titik Player Start ini.


Menyimpan Level

  Kita bisa menyimpan Level meskipun pekerjaan kita belum selesai,untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Caranya sangat mudah, kita tinggal buka File > Save As..



Agar pekerjaan kita lebih teratur,biasakan untuk membuat folder baru untuk menyimpan semua map.

Caranya klik kanan kemudian pilih New Folder,kemudian beri nama Maps.



Pilih folder Maps,beri nama level,kemudian klik Save : 


Itulah cara membuat Level baru di Unreal Engine 4,pastikan kamu sudah memahami dasar Unreal Engine 4 agar proses belajar semakin mudah dan cepat,baca Tutorial Dasar Unreal Engine disini.

Jika sudah semua,artinya kamu siap melangkah ke tahap selanjutnya.

Baca tutorial selanjutnya : Tutorial Unreal Engine 4 Pemula Bagian II













Posting Komentar

0 Komentar