Blender adalah salah satu Software 3D yang paling banyak digunakan karena gratis,ukurannya kecil,dan cukup ringan untuk sekelas Software 3D.
Tutorial Dasar ini sangat penting agar kita memiliki pondasi yang kuat untuk mempelajari hal yang jauh lebih besar. dalam Blender 2.9.
Pada tutorial pertama ini kita akan membahas User Interface,dengan materi tentang Blender Screen dan Workspace.
BLENDER SCREEN
Saat pertama kali membuka Blender maka akan muncul pop up Splash Screen,disitu tersedia berbagai pilihan pekerjaan yang bisa kita lakukan dengan Blender dan juga User Manual yang bisa kita baca untuk mempelajari Blender.
Setelah kita menutup Splash Screen maka kita bisa melihat tampilan default jendela utama Blender,untuk menutup splash screen klik dimana sana diluar splash screen.
Jendela antarmuka Blender terdiri dari tiga bagian :
• Top Bar : berisi berbagai menu utama blender file,edit,rendering,animasi,modeling,sculpting,dll
• Area : ruang layar untuk Editor seperti 3D viowport dan Outliner.
• Status Bar : berisi informasi kontekstual keyboard shortcut,pesan peringatan,result, ataupun informasi statistik.
Area Biru : Top Bar,Hijau : Areas,Merah :
WORKSPACE
Saat kita membuka Blender,secara default akan terbuka layout Workspace di area utama.Merupakan area yang menampilkan preview scene dan objek yang terdiri dari :
• 3D Viewport di bagian ats kiri
• Outliner dibagian atas kanan
• Properties di bagian kanan bawah
• Timeline dibagian kiri bawah
3D Viewport - digunakan untuk berinteraksi dengan 3D scene untuk berbagai penggunaan seperti modeling,sculpting,animating,texture painting,dll.
Timeline - digunakan untuk manipulasi keyframe dan scrubing playhead,timeline ini yang digunakan untuk mengatur animasi.
Outliner - berisi struktur data objek,lighting,dan camera. Dalam outliner kita bisa melihat data dalam scene,kita juga bisa memilih objek dalam secene,hide/unhide objek,dan juga mendisable seleksi objek untuk memudahkan seleksi objek jika didalam scene terdapat banyak objek didalam viewport.
Properties - menampilkan active data dan juga pengeditan active data,termasuk active scene dan objek.
Blender memiliki Workspace yang ditambahkan secara default:
Modeling - untuk modifikasi geometri dengan alat pemodelan.
Sculpting - untuk modifikasi meshes dengan alat pahat. UV Editing - untuk Pemetaan koordinat tekstur gambar ke permukaan 3D.
Texture Paint - untuk mewarnai tekstur gambar di 3D Viewport.
Shader - untuk menentukan properti material untuk rendering.
Animation - Alat untuk membuat properti benda bergantung pada waktu.
Rendering Untuk melihat dan menganalisis hasil rendering.
Compositing - Menggabungkan dan pasca-pemrosesan gambar dan memberikan informasi.
Geometry Node - Untuk pemodelan prosedural menggunakan Geometry Nodes.
Scripting - Pemrograman ruang kerja untuk menulis skrip.
0 Komentar