Indo-CG

Tutorial Houdini Dasar Bagian V - Parameter




   Semua node dalam houdini diatur oleh Parameter, Channel & Atribut untuk mencapai hasil yang kita inginkan. 

Pada Tutorial Houdini Dasar Bagian V ini kita akan membahas Perameter dalam Houdini.

   Terminologi yang digunakan dalam Houdini mungkin berbeda dari aplikasi 3D lainnya, oleh karena itu sebaiknya luangkan waktu sejenak untuk memahaminya dalam konteks Houdini.

 PARAMETER 

   Parameter mengacu pada nilai, penggeser, tombol, dan checkbox yang ada pada node Houdini. 

     Di beberapa software hal itu disebut sebagai atribut, tetapi Houdini menggunakan atribut dengan cara yang berbeda. 

   Kita dapat mengubah nilai parameter di panel Parameter atau menggunakan handle di viewport. Ada menu RMB pada setiap parameter yang memberi Anda sejumlah opsi penting seperti copy & paste dan kembali ke default. 



SEARCHING PARAMETER 


   Sebuah node mungkin memiliki sejumlah besar parameter dan memilah-milah semuanya dapat memakan waktu. 

  Klik ikon kaca pembesar di kanan atas untuk membuka  search bar yang memungkinkan kita memfilter parameter berdasarkan nama dan konten. Kita dapat menemukan parameter menggunakan ekspresi (expresion), penggantian (overrides), dan bahkan nilai mentah (raw value)


Panel Parameter :


1. Navigation Bar (Bilah Navigasi) - Bilah ini memungkinkan kita melihat di mana node terletak di hierarki scene.

2. Node Type & Name (Jenis dan Nama Node) - Di sini kita dapat melihat jenis node dan mengatur namanya. Dengan mengklik ikon ini akan membuka menu untuk bekerja dengan node. 

3. Search Bar (Bilah Pencarian) - Klik ikon kaca pembesar untuk mencari parameter berdasarkan nama atau konten.

4. Changed Parameter (Parameter yang Diubah) - Ketika parameter telah diubah dari defaultnya, maka nilainya dicetak tebal. Nama tab folder juga dicetak tebal 

5. Animated Parameter (Parameter Animasi) - Bila Anda telah membingkai sebuah parameter, parameter itu akan disorot dengan warna hijau.

6. Locked Parameter (Parameter Terkunci) - kita dapat rMB-klik pada parameter untuk mengunci dan membukanya. Ini akan disorot dalam warna abu-abu 

7. Select to Match - Ikon ini memungkinkan kita mencocokkan nilai parameter ini dengan objek lain.



PARAMETER KUSTOM 


  Jika kita mengklik ikon Gear di kanan atas panel Parameter, kita dapat memilih Edit Parameter Interface. Di sini kita dapat menambahkan parameter khusus yang kemudian dapat ditautkan ke bagian lain dari jaringan node kita.


  Sekian pembahasan kita tentang Parameter,di tutorial selanjutnya kita akan membahas tentang Channel & Attributes.





Posting Komentar

0 Komentar