Houdini memberi seniman banyak cara berbeda kepada 3D Artist untuk melihat frame-frame yang membentuk adegan 3D. Dari Scene View di mana kita melihat melalui kamera pada geometri ke view Network di mana kita mengelola node prosedural dan network, kita akan menemukan banyak cara berbeda untuk membuat keputusan kreatif sambil memastikan setiap shot berada pada tingkat teknis.
MENU RADIAL
Salah satu cara untuk mengakses Tool di Scene View adalah Menu Radial yang dapat kita akses menggunakan tombol shortcut X, C dan V. Masing-masing menampilkan menu radial dengan banyak pilihan untuk kita pilih. Fokus utama dari setiap menu adalah sebagai berikut:
• Snapping
• Main
• Views
Setelah kita mempelajari cara kerja menu radial, kita bisa mengakses tool ini hanya dengan gerakan menyapu cepat tanpa memikirkan widget.
Anda dapat mengubah menu khusus di bagian atas menu bar yang bernama Main secara default. Pada OS X ini adalah menu Radial.
SHELF TOOLS
Di bagian atas ruang kerja ( workspace ), kita akan menemukan beberapa rak ( shelf )berisi tools untuk membuat dan memanipulasi objek, geometri, kamera, lampu, dan efek.
Alat-alat ini bekerja dalam scene view dan sering kali melibatkan semacam interaksi scene view. Setelah kita menggunakan salah satu alat ini, node akan otomatis dibuat yang kemudian dapat kita perbaiki di panel Parameter & Network.
Shelf Tools menawarkan sumber daya yang sangat penting bagi pengguna pemula di Houdini, karena Shelf Tools mengurangi klik dan sering meletakkan jaringan nodes yang bisa kita pelajari.
TAB MENU
Cara lain untuk mengakses tools baik dalam scene view atau network view adalah dengan menekan tombol Tab. Saat kita menekan Tab maka akan terbuka menu tools dan node yang tersedia.
1 . Tool Shelf
TOOL BAR :
2. Selection Modes
3. Select Tools
4. Transform Tools
5. Snapping Tools
6. Viewing
7. Output Tools menu
8. Viewport Display Menus
9. Tab Panel
10. Operation Control
11. Parameter Panel
12. Display Option Bar
13. Scene View
14. Network Pane
15. Timeline
1 . Tool Shelf : berisi tools untuk bekerja dengan objek & geometri di Viewport.
TOOL BAR :
2. Selection Modes - fokus pada scene,geometry, atau dynamic objects.
3. Select Tools - Select,Secure Selection
4. Transform Tools : move,rotate,scale,pose,atau Hadle tools untuk node-specific controls
5. Snapping Tools - turn on grid,Primitive,Point or Multi Snapping.
6. Viewing - menggunakan View tool untuk jatuh,Pan & Dolly, atau render region to render
3D View Tools,Berikut adalah beberapa kombinasi hotkey yang tersedia saat melihat. Kita tidak perlu menekan tombol space/alt jika sudah berada di view tools
Jika kita ingin fokus melihat maka kita bisa menekan Escape untuk masuk ke view tools. Dalam beberapa kasus, Kita mungkin ingin kembali ke home untuk mendapatkan bantalan kita. Ada beberapa hotkey untuk melakukannya :
Kita juga bisa mengklik LMB (Left Mouse Button) pada view tools untuk mengubah ke 2D Pan and Zoom yang memungkinkan kita mengubah tampilan tanpa mengubah posisi kamera 3D kita. Widget di kiri atas memungkinkan kita mengklik untuk pan and zoom atau mengatur ulang tampilan dengan menekan Ctrl+LMB. Ini adalah tool yang hebat untuk bekerja dengan kamera yang terkunci.
7. Output Tools - untuk render atau membuat Flipbook scene
8. Viewport Display Menus - Tab ini memungkinkan Anda membuat dan mengatur beberapa panel sekaligus.
Kita dapat mengubah bagaimana objek dan viewport muncul dalam scene view menggunakan menu yang terdapat di kanan atas panel Viewport atau menggunakan menu radial V.
Menu Shading - Pilih dari opsi seperti wireframe, berbayang datar ( flat shaded ) , berbayang halus ( smooth shaded) atau smooth wire shaded. Untuk opsi lainnya, klik tombol opsi Tampilan pada bilah Tampilan.
Object Display Menu - Saat kita masuk ke berbagai jaringan, menu ini mengatur apakah kita dapat menyembunyikan objek lain, melihat semuanya, atau melihatnya berbayang.
Views Menu - Menu ini memungkinkan kita membagi scene view menjadi berbagai view seperti perspektif atau tampilan orthographic dan memiliki opsi untuk menyinkronkan semua tampilan ortographic.
9. Tab Panel - Tab ini memungkinkan Anda membuat dan mengatur beberapa panel sekaligus.
10. Operation Control - Gunakan alat Handle dengan bilah ini untuk mengakses parameter dari node yang Anda pilih.
11. Parameter Panel - Panel ini memungkinkan Anda menetapkan nilai, menambahkan ekspresi, dan node yang dipilih bingkai utama.
12. Display Option Bar - Pengalihan ini memungkinkan Kita mengontrol opsi scene view seperti normal, jumlah titik, atau pencahayaan. Di sisi kanan scene view, display bar memberi kita akses ke opsi untuk tampilan Viewport Display. Berikut adalah beberapa contoh :
Construction Plane, menghidupkan dan mematikan Construction Plane disarankan saat kita membuat atau mengedit objek.
Lock Camera ,mengunci kamera saat ini ke view sehingga perubahan view mengubah nilai transformasi kamera.
High Quality Lighting with Shadow, mengatur kualitas terbaik dari viewport rendering.
Display Primitive Normal, Tampilkan normal milik semua primitif dalam scene untuk menentukan arahnya.
Display Scene dan Network masing-masing memiliki panel opsi tampilan yang menawarkan lebih banyak opsi untuk bekerja dengan panel ini. Kita dapat mengaksesnya dengan mengklik ikon di bagian bawah bilah opsi display atau menggunakan tombol pintas berikut:
13. Scene View - Visualisasikan pekerjaan kita dan gunakan handle untuk memanipulasi objek secara interaktif dalam scene kita.
14. Network Pane - Lihat dan kelola jaringan node untuk bekerja dengan struktur yang mendasari adegan kita.
15. Timeline - Atur waktu saat ini dan edit keyframe pada node yang dipilih. Kita juga bisa menggunakan timeline untuk menyalin dan menempel bingkai utama.
Tutorial Houdini Bahasa Indonesia Dasar - Workspace,baca tutorial selanjutnya Tutorial Houdini Dasar - Panes & Desktops
Atau baca tutorial sebelumnya Tutorial Houdini Dasar - Pengenalan
0 Komentar