Tutorial Unreal Engine 4 Basic Bagian IX,pada bagian ini kita akan membahas tentang Sistem Koordinat di Unreal Engine 4.Pastikan kamu sudah membaca bagian pertama disini.
Setiap objek di Unreal Engine 4 dapat bergerak di sepanjang dua tipe sistem koordinat yaitu World dan Local.
Saat mengerjakan Environment kita akan lebih sering menggunakan World Coordinate System.
Sedangkan saat bekerja dengan karakter atau objek kita akan lebih sering menggunakan Local Coordinate System.
Hal ini untuk mempermudah pekerjaan kita,jika kita mengaktifkan Local Coordinate System maka sumbu Gizmo akan mengikuti objek yang terseleksi.Jika objek kita putar,maka sumbu Gizmo juga akan ikut berputar dan tidak lagi sama dengan sumbu standar.
World Coordinate : berlaku untuk dunia,sumbu XYZ tidak berubah.
Local Coordinate : berlaku untuk objek lokal,mengesampingkan posisi sumbu XYZ standar.
Shortcut :
Ctrl + ~ : Bertukar antara Local & World Coordinate System
Untuk memahami bagaimana penggunaan fitur ini,lakukan beberapa hal berikut :
Pilih objek dalam viewport (BSP atau Static Mesh)
Putar objek 45 derajat pada sumbu Z
Berpindah ke Move tool (W)
Geser objek pada sumbu X dan Y
Berpindah dari World ke Local Coordinate System ( Ctrl + ~ )
Geser lagi objek di sumbu X dan Y
Perhatikan perbedaan jika kita menggunakan Local dan World Coordinate System.
0 Komentar