Indo-CG

Tutorial Unreal Engine Basic Bagian VI - Viewport



 Tutorial Unreal Engine Basic - Bagian VI adalah seri ke-6 dari seri Turorial Unreal Engine Basic dari CG Indo,pastikan kamu sudah membaca bagian Pertama disini.

   Pada Tutoral Unreal Engine bagian VI kita akan membahas Cara Menggunakan Viewport.

  Sebelum mulai kita harus tahu, apa itu viewport?

Viewport bisa diartikan bidang kerja,yaitu bidang dimana kita akan menuangkan ide kita di Unreal Engine.  

Jenis Viewport

   Dalam Unreal Engine dikenal dua kenis viewport,yaitu Perspective dan Orthographic.

Perspectiv adalah sudut pandang kita terhadap benda,merupakan titik yang menunjukkan sudut pandang player dalam game.

Perspektif view

Orthographic adalah sudut pandang skematik berdasarkan grid  wireframe.(Front,Side,atau Top view).

Orthographic view

Cara Menggunakan Viewport

   Kita akan lebih sering menggunakan perspektif saat mengerjakan project di Unreal Engine.

   Kita bisa menampilkan empat viewport sekaligus atau hanya menggunakan satu viewport(Maximize viewport) agar area kerja kita lebih luas.

   Cara untuk membagi ataupun maximize viewport dengan meng-klik ikon Maximize or Restore di pojok kanan atas :

Jika kita pilih restore maka layar akan terbagi menjadi 4 viewport kecil.

   Ditiap sudut masing-masing viewport kecil ini juga terdapat ikon Maximizes or restore,jika kita ingin membuka satu view utuh tinggal pilih yang mana yang mau di maximize.

   Batas kuning disekeliling viewport menunjukkan vieeport itu aktif.
   Cara mengaktifkan viewport tinggal kita klik kiri ataupun klik tengah didalam viewport yang dipilih.

Beberapa Shortcut yang berhubungan dengan viewport : 
  • Alt + G = Perspective
  • Alt + H = Front
  • Alt + J   = Top
  • Alt + K  = Left/Side
  • Alt + Shift + K = Right/Side
  Kita bisa merubah view untuk mendapatkan mode view yang berbeda,seperti Unlit,Wireframe,Detail Lighting,dll.

Gunakan dropdown menu untuk memilih :

Setiap mode view memiliki hot key masing-masing.Antara Perspektif Viewport dan Lit(Alt + 4).

  • Alt + 2 = Wireframe
  • Alt + 3 = Unlit
  • Alt + 4 = Lit
  • Alt + 5 = Detail Lighting
  • Alt + 6 = Lighting Only
Ada berbagai opsi di menu dropdown ikon Show & Arrow ,diantaranya Realtime,Game Mode,dan Full View ( Immersive Mode).

Game Mode : akan memperlihatkan akan seperti apa lingkungan yang telah kita buat ditampilkan dalam game saat gamenya dimainkan.
Semua aktor menjadi hidden, tekan G untuk memulai Game Mode.

  • G = Game Mode
Realtime Mode : menampilkan animasi dan efek  material dan partikel secara realtime.
Tekan Ctrl + R untuk memasuki Real-time Mode.

Ctrl + R = Real Time Mode

Immersive Mode : mode ini akan membuat viewport yang aktif memenuhin screen komputer kita.(Full Screen Mode)

F11 = Immersive Mode

  Kapanpun kita bisa membuka jendela Perspektif baru dengan pergi ke Window > Viewports :

 Kita juga bisa menyembunyikan (hide)atauu menampilkan (unhide) segala asset dari view di drop-down menu Show dalam  viewport,hilangkan ceklis untuk unhide.



Jika kurang nyaman dengan konfigurasi tampilan (layout) yang ada,kita bisa menggantinya sesuai selera.

Caranya pergi ke Viewport Arrow > Layouts > One,Two,Three,Four Panel Layout.


  Cukup disini Tutorial Unreal Engine Basic Bagian VI tentang Penggunaan Viewport,baca juga kelanjutan tutorial Unreal Engine Basic Bagian VII

 




Tutorial Lengkap Unreal Engine 4 Bahasa Indonesia




Posting Komentar

0 Komentar