Indo-CG

Tutorial Unreal Engine Basic Bagian VII - Navigasi Viewport

 


    Tutorial Unreal Engine Basic Bagian VII akan membahas tentang Navigasi Viewport,sebelum memulai tutorial pasatikan kamu sudah membaca bagian pertama disini.

   Mari kita mulain dengan istilah yang umum digunakan untuk Navigasi Viewport.

 Beberapa singkatan untuk hotkey :

RMB : Right Mouse Button ( klik kanan)

LMB : Left Mouse Button ( klik kiri )

MMB : Middle Mouse Button ( klik tengah )

8 Navigasi Perspektif Viewport :

  • Tahan RMB + Gerakan Mouse : melihat sekeliling
  • Tahan RMB + W,A,S,D (tombol keyboard) : bergerak maju(W),mundur(A),samping kiri(S) dan kanan (D)
  • Tahan LMB + Gerakan Mouse : Bergerak maju,mundur,kiri,dan kanan
  • Tahan MMB + Gerakan Mouse : geser maju,mundur,kiri,dan kanan
  • LMB + RMB + Gerakan Mouse : geser maju,mundur,kiri,dan kanan (sama dengan MMB + Geser Mouse)
  • Mouse Wheel :  bergerak maju atau mundur
  • Tahan RMB + tekan Z atau C : Perbesar / perkecil (Zoom In/Zoom Out)
  • Tahan RMB + tekan Q atau E : gerakkan kamera naik/turun
Kita bisa mengatur agar tidak perlu menekan RMB saat menekan tombol W,A,S,D untuk bergerak maju,mundur kiri,dan kanan.Caranya :
Pergi ke Edit > Editor Preferences ,saat jendela Editor Preferences terbuka,pilih viewport dan pada bagian Flight Camera Control Type pilih Use WASD for Camera Control


Seting kecepatan kamera Perspektif view :

   Di perspektif viewport kecepatan kamera bisa diatur,caranya : klik ikon di pojok kanan atas viewport,gunakan slider untuk mengatur kecepatan kamera.


Kita juga bisa menggunakan cara lain dengan klik lalu tahan RMB (saat menggunakan WASD control ) dan putar mouse wheel,putar maju untuk mempercepat,atau mundur untuk memperlambat.

4 Navigasi Dalam Orthographic Viewport :

 Navigasi dalam Orthographic Viewport lebih sederhana dibandingkan Perspektif Viewport,

  • Tahan RMB + Gerakan Mouse : geser (pan)
  • Tahan LMB + Gerakan Mouse : seleksi area (marquee selection)
  • Tahan RMB + LMB + Gerakan Mouse Maju/Mundur : perbesar/perkecil (Zoom In/Zoom Out)
  • MMB : membuka alat ukur (measuring tool)
Measuring Tool berguna untuk mengukur jarak di Editor,measuring tool hanya bisa dibuka di Ortographic viewport.

Hold + Drag MMB : measuring tool 


Tutorial Unreal Engine Basic Bagian VII - Navigasi Viewport telah selesai,silahkan baca tutorial selanjutnya disini atau ulangi membaca dari awal agar lebih paham.


Tutorial Unreal Engine Basic : 

Sebelumnya :


Selanjutnya :


Baca tutorial lengkap Unreal Engine 4 Bahasa Indonesia :

Tutorial Lengkap Unreal Engine 4 Bahasa Indonesia

Posting Komentar

0 Komentar