Tutorial Unreal Engine 4 Basic Bagian VIII,pada bagian ini kita akan membahas tentang Aktor dan Objek di Unreal Engine 4.Pastikan kamu sudah membaca bagian pertama disini.
Setiap Aktor yang kita letakkan dalam level di Unreal Engine sudah termasuk static meshes,audio,decals,volumes,brush,dll.
Aktor dan Objek dapat dipertukarkan,karena intinya sama .
Aktor = Objek
Selecting,Deselecting,Deleting/Removing
Beberapa fungsi dasar untuk memilih(selecting),tidak memilih (deselecting),dan menghapus (deleting) :
Klik Kiri(Left Click) : memilih objek
Escape (Esc) : deselect objek
Delete (Del) : menghapus objek
Tahan Control (Ctrl) + LMB
Move,Rotate,Scale :
(Pindah,Putar,Skala)
Ketika kita memilih sebuah objek,maka akan muncul gizmo untuk move,rotate,atau scale.
Gizmo move,scale,dan rotate)
Shortcut :
W : move (pindah)
E : rotate (putar)
R : scale (skala)
Space : bertukar antara move,rotate,dan scale
Cara penggunaan yaitu dengan klik kiri pada gizmo dan seret,silahkan coba satu per satu agar paham.
Saat kursor kita arahkan ke gizmo,salah satu arah gizmo akan berwarna kuning.Hal ini menunjukkan salah satu arah gizmo aktif,jika kita klik dan seret,maka hanya bagian itu yang akan bertransformasi.
Contoh pada rotate gizmo,jika kita klik pada bagian bawah dan seret maka objek akan berputar horizontal.
Jika gizmo tidak muncul,tekan G untuk mendisable Game Mode.
Kita bisa pindah,skala,atau putar pada salah satu arah sumbu x,y,atau z.
Kita juga bisa skaligus mentransformasi ke dua sumbu sekaligus (xy,xz,atau yz) dengan menekan w saat kursor berada diantara kedua sumbu,kemudian klik dan seret untuk mentrasformasi objek ke arah antara dua sumbu.
Dan untuk transform ke segala arah kita bisa klik tepat ditengah gizmo kemudia seret kearah yang diinginkan.
Bergerak bersama Objek :
Saat kita ingin kamera bergerak bersama objek kita bisa menahan Shift + Klik Kiri(LMB) untuk bergerak bersama objek.
Menggerakkan Objek Tanpa Memilih Sumbu(Axis) Tertentu :
Kita bisa menggerakkan objek tanpa memilih axis tertentu,untuk melakukannya pilih objek kemudian :
Tahan Ctrl + LMB : Menggerakkan objek kearah sumbu X
Tahan Ctrl + RMB : Menggerakkan objek kearah sumbu Y
X,Y,Z adalah arah(axis) di dunia 3D,berikut detail axis di Unreal Engine :
X : arah depan/belakang (merah)
Y : arah kiri/kanan (hijau)
Z : arah atas/bawah (biru)
Kita juga bisa melihat ikon petunjuknya di pojok kiri bawah viewport,gunakan itu sebagai acuan agar tidak salah arah.
Inserting Object :
Ada dua tempat untuk memasukkan Aktor, Content Browser dan Modes Panel.
Lalu bagaimana cara Insert Objek ke Level yang kita buat?
Pertama,dari Content Browser (terletak di bagian bawah interface)cukup klik pada objek lalu deret ke jendela viewport
Kedua dari Models Panel ( terletak di sisi kiri interface ) ,cara memasukkan objek sama,klik dan seret ke viewport.
Duplikasi Objek
Ada banyak cara untuk duplikasi Objek,pilih objek apapun di Perpektif Viewport dan lakukan hal berikut :
Ctrl + W : Duplicate
Tahan Alt + Tahan Klik kiri dan Drag(seret) : Duplicate
Ctrl + C : Copy
Ctrl + V : Paste
Centering View on Objects :
Untuk menjadikan objek sebagai pusat view,pilih objek kemudia tekan F.Kemudian tekan dan tahan Alt + RMB untuk rotate dengan berpusat pada objek yang dipilih atau tkan dan tahan Alt + RMB + LMB untuk bergerak maju atau mundur dengan acuan objek yang dipilih sebagi Centered Object.
0 Komentar