Indo-CG

Tutorial Unreal Engine Basic Bagian XI - Content Browser



 Tutorial Unreal Engine 4 Basic Bagian XI,pada bagian ini kita akan membahas tentang Content Browser di Unreal Engine 4.Pastikan kamu sudah membaca bagian pertama disini.

   Tutorial Dasar ini penting jika kamu ingin serius di Unreal Engine,sama halnya dengan saya pada awalnya ingin segera mulai dengan sesuatu yang besar,sehingga mencari tutorial yang instan,lompat sana-sini.Itulah bedanya belajar secara otodidak dan belajar sesuai sistem profesional.

   Contoh jika kamu ingin belajar membuat rumah,antara cara kerja profesional (arsitek) dengan non profesional.Mungkin rumahnya sama - sama jadi,bedanya adalah para profesional memperhitungkan segalanya dari berbagai aspek dengan pertimbangan daya tahan,sanitasi,sirkulasi,regulasi,safety,dll.

    Dengan mengetahui hal paling dasar dari penggunaan Unreal Engine,maka itu akan menjadi modal yang bagus untuk melangkah ke tahap selanjutnya.

  Baca juga tutorial Unreal Engine bahasa Indonesia lainnya di Tutorial Unreal Engine Bahasa Indonesia.



Content Browser

Content Browser adalah area utama Unreal Engine yang memuat semua konten(aset game)yang kita miliki.Disini semua konten dibagi menjadi beberapa kategori dan dipisah dalam folder berbeda  seperti Audio,Material,Animasi,Particle Effect,dst.

  Dalam Content Browser kita bisa membuat,mengimport,mengatur,melihat,dan memodifikasi semua aset konten dalam Editor Unreal Engine.Tombol Import dalam Content Browser memungkinkan kita untuk mengimpor aset yang kita buat menggunakan perangkat lunak lain ke dalam game.


Dalam Content Browser kita juga bisa mengelola folder konten dan melakukan berbagai hal terhadap aset yang kita miliki,seperti mengganti nama,memindahkan,meng-copy,dan melihat referensi.

 Content Browser adalah tempat dimana kita bisa mencari dan berinteraksi dengan semua aset dalam game.


Hal- hal yang bisa kita lakukan melalui Content Browser :


• Material,tekstur,static mesh,animasi,blueprints,audio ataupun particle effect yang bisa kita masukkan ke level yang kita buat.

• Import static mesh dan tekstur custom

• membuat blueprints baru,material baru,particle effects baru,dan lain-lain.

• mengorganisir,me-rename,dan  memindah aset untuk project.


Klik ikon Extended view untuk membuka Source Panel sehingga memudahkan mencari konten yang tersedia untuk project kita.


Gunakan struktur folder untuk melihat folder dan aset yang tersedia untuk kita gunakan dalam project kita.



Kita juga bisa membuat folder baru agar aset kita lebih terorganisir.


Untuk menemukan tipe aset yang spesifik kita bisa menggunakan menu drop-down filter :


Kita juga bisa menggunakan kolom pencarian (search) untuk menemukan aset :


Untuk menambahkan aset baru seperti material,particle sistem,dan blueprints dengan klik Add New.


 Klik Import untuk mengimport aset seperti static mesh dan tekstur yang dibuat dengan software pihak ketiga.






Tutorial Unreal Engine Basic,

Sebelumnya :




Posting Komentar

0 Komentar