CG di Indonesia saat ini mulai ramai di gunakan untuk produksi film maupun karya digital yang kualitanya diakui dunia,meaki begitu masih saja ada rumah produksi yang menggunakan efek CGI yang asal-asalan.
Berikut ini adalah dasar cara menggunakan Niagara,tool keren di Unreal Engine untuk menghasilkan visual effect yang jauh lebih keren dari visual effect sinetron.
Jika sudah ada project,sekarang saatnya menggunakan Niagara.
Hal pertama yang kita perlukan adalah sebuah bentuk mesh yang akan digunakan untuk membuat efek.Kita bisa membuatnya dengan software pemodelan 3D seperti Blender ataupun software lainnya,kemudian kita import ke Unreal Engine 4 Peoject.
Klik kanan pada konten browser,kemudian buatlah dolder baru bernama Quickstart.
Buat Material basic untuk membuat efek kepulan debu.
Caranya :
Klik kanan pada Content Browser lalu pilih Material
Beri nama M_DuatPoof pada material yang kita buat.
Dalam posisi material utama terseleksi,pergilah ke Details panel,cari bagian Material,kemudian pada bagian Blend Mode ubah menjadi Translucent.
Centang kotak pada bagian Two Sided,lainnya biarkan saja secara default.
Klik kanan pada graph and type particle di kolom pencarian. Pilih Particle Color untuk menambahkan Particle Color node. Hubungkan output paling atas dari Particle Color node ke Base Color pada Material Node utama.
Buat Texture Sample Node.Kita dapat melakukan ini dengan menahan T dan mengklik di dalam Node Graph.
Dengan Texture Sample Node terseleksi, cari bagian Material Expression Texture Base di panel Details . Klik dropdown, dan ketik Noise di bilah pencarian. Pilih tekstur T_Perlin_Noise_M .
Klik kanan pada grafik dan ketik dynamic di kolom pencarian. Pilih Dynamic Parameter untuk menambahkan node.
DenganDynamic Parameter node terseleksi, cari bagian Material ExpressionDynamic Parameter Dinamis di panel Details . Di Array 0 , ubah namanya menjadi Erode .
Klik kanan pada grafik dan ketik step di kolom pencarian. Pilih ValueStep untuk menambahkan node tersebut.
Tarik output R dari node Texture Sample, dan hubungkan ke input Gradient dari node ValueStep.
Tarik output Erode dari node Dynamic Parameter, dan hubungkan ke input Mask Offset Value dari node Value Step.
Seret output Result dari node Value Step, dan hubungkan ke input Opacity dari node Material utama.
Klik Apply and Save , lalu tutup Material Editor.
Persiapan Project sudah selesai,kita sudah memiliki Mesh Shape, dan juga base material. Sekarang kita memiliki semua yang dibutuhkan untuk membuat efek Niagara.
0 Komentar