SELECT TOOL
Select Tool memungkinkan kita fokus membuat pilihan karena itu tidak menangani manipulasi.
Saat bekerja dengan tool seperti Move atau Rotate dan Secure Selection, gunakan S untuk membuka Select tool untuk membuat pilihan. Matikan Secure Selection agar bisa memilih dengan bebas.
Ada berbagai shortcut untuk menambahkan (adding), mengurangi(subtracting), atau beralih (toggling) pilihan kita serta untuk select all atau diselect all. Teknik-teknik ini merupakan bagian penting dari workflow kita.
• Select : LMB (S)
• Add to Selection : Shift + LMB
• Remove from Selection : Ctrl(Cmd) + LMB
• Toggle Selection : Ctrl [Cmd] + Shift + LMB
• Select All : A [Object Level) / N [Geometry Level]
• Select None : N [Object Level] / Shift + N [Geometry Level]
TEKNIK SELEKSI
Di viewport, kita bisa memilih dari empat jenis pilihan berbeda yang menawarkan cara berbeda untuk mengakses geometri.
Ada juga beberapa filter pilihan yang memungkinkan kita fokus pada geometri yang terlihat atau pada grup tertentu. Kita memiliki berbagai pilihan untuk mempermudah pekerjaan kita.
SELECTION MODE
Mode seleksi, memberi kita akses ke objek dan komponen. Ini juga memungkinkan kita bisa dengan mudah melompat dari level objek ke level geometri menggunakan tombol di toolbar atau hotkey.
Object - Object Network Level adalah tempat kita bekerja dengan transformasi objek. Di alat apa pun selain View tool, hotkey berikut akan membawa kita kembali ke Object Level :
Geometri - kita bisa menggunakan salah satu dari hotkey berikut, saat tidak berada di View tool, untuk melompat ke level geometri dengan memilih komponen yang tersedia.
MODE SELECT MENU
Setiap mode pemilihan dilengkapi dengan opsi yang memungkinkan kita mengubah cara untuk berinteraksi dengan Scene. Kita dapat mengakses opsi ini dengan mengklik LMB atau RMB pada ikon setiap mode.
Saat bekerja dengan komponen, menu ini memungkinkan kita untuk memilih menampilkan Display atau Current Operator. Opsi yang sama ini tersedia di bagian atas tampilan Scene saat bekerja dengan Edit node. Menu ini berbeda pada tingkat objek yang mencakup beberapa filter untuk berbagai jenis objek serta opsi untuk memilih materials, constraints, dan Aset Digital dengan lebih mudah.
TWEAK MODE
Dalam kebanyakan kasus, hanya satu mode pemilihan geometri yang dapat aktif pada suatu waktu. Tetapi jika kita bekerja dengan Edit node kemudian Tweak Mode memungkinkan kita memilih kombinasi point,edge dan primitive dengan cepat.
Tutorial ini adalah bagian ke-7 dari seri Tutorial Houdini Dasar Bahasa Indonesia.
0 Komentar